Tak Perlu ke Surabaya, Penderita Kanker Bisa Lakukan Kemoterapi di RSUD Sumenep

https://ift.tt/3dTmxK9

SUMENEP, (News Indonesia) — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Moh. Anwar Sumenep, Madura, Jawa Timur, kembali menambah pelayanan dengan membuka unit kemoterapi.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di kabupaten ujung timur Pulau Madura yang mempunyai penyakit kanker.

“Saat ini, kita sudah punya dokter spesialis bedah konsultan onkologi yaitu dr. Husnul Ghaib, Sp.B(K)Onk yang akan menangani itu, alhamdulillah, RSUD Sumenep sudah bisa memberikan pelayanan ini,” terang Direktur RSUDMA, dr. Erliyati melalui Kasi Informasi, Arman Endika Putra. Rabu (30/9/2020).

Arman menjelaskan, pelayanan kemoterapi dibuka selama tiga hari dalam seminggu. Yaitu, hari Senin, Jumat dan Sabtu.

“Kepada pasien yang mau melakukan kemoterapi bisa langsung ke RSUD Sumenep pada jam yang telah ditentukan,” ajak Arman.

Lebih lanjut Arman mengutarakan, kemoterapi pada dasarnya memang difokuskan untuk melayani pasien yang menderita penyakit kanker. Dengan demikian, warga Sumenep yang mengalami keluhan demikian sudah tidak usah bolak-balik ke Surabaya.

“Pelayanan tersebut terfokus pada penyembuhan dan pelayanan pasien yang menderita penyakit kanker, kita sudah didukung oleh dokter spesialis onkologi yang andal di bidangnya,” sebutnya.

Di samping itu, kata dia, biaya pengobatan untuk kemoterapi di RSUDMA terjangkau dibandingkan dengan di Surabaya. Sebab, pihaknya juga akan menjalin kerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS).

“Intinya, kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk penderita penyakit kanker,” simpulnya.

Arman berharap, dengan fasilitas tersebut penderita penyakit kanker akan bisa ditangani dengan baik. Sehingga, akan meningkatkan harapan hidup masyarakat yang menderita.

“Harapannya, mudah-mudahan dengan adanya dokter spesialis terbaik dan fasilitas yang kami sediakan, penyakit kanker dapat terdeteksi secara dini supaya bisa segera tertangani dan komplikasi dapat diminimalkan,” tandasnya.

Dilansir dari sehatq.com, kemoterapi adalah prosedur pengobatan untuk memberantas sel-sel kanker dalam tubuh penderita.Terapi ini bekerja dengan mencegah penyebaran, atau menghentikan pertumbuhan sel kanker sesuai jenis kanker dan stadiumnya.

Pada beberapa kasus, kemoterapi dapat menghancurkan sel kanker sampai dokter tidak bisa lagi mendeteksi sel kanker dalam tubuh. Hasil terbaiknya, sel kanker tidak akan kembali.

Di samping itu, kemoterapi juga dapat mengontrol sel kanker agar tidak menyebar ke bagian tubuh lain atau memperlambat pertumbuhannya. (*)

The post Tak Perlu ke Surabaya, Penderita Kanker Bisa Lakukan Kemoterapi di RSUD Sumenep appeared first on News Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyimpan Vidio Youtube Ke Galeri

Tutorial Cara Download Video Yang Hanya Bisa Streaming

Kojima Natsuki 1st Photobook SOCO SOCO Full Scans PB