Tjahjo Kumolo : 1 Juta Rekrutmen CPNS Dibuka 2021

Nawacitapost.com – Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk satu juta formasi guru rencananya akan dibuka untuk tahun 2021. Hal ini sampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo saat meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Pandeglang, Banten. Dia menyebut data dari KemenPAN-RB, ada 4,2 juta lebih ASN yang 70 persennya ada di daerah-daerah. Namun, 1,6 juta orang merupakan tenaga administrasi.

Sehingga kata dia, ada kekurangan untuk tenaga medis seperti dokter, bidan dan perawat. Termasuk minimnya tenaga penyuluh seperti untuk pertanian, pengairan dan sebagainya.

Baca Juga : Fadjroel Rachman : Influencer Bagian Penting Dalam Perkembangan Informasi dan Demokrasi Digital

“Ini yang akan kita atur dengan baik, sehingga rekrutmen nanti sesuai kebutuhan,” ungkapnya.

Suatu daerah, misalkan Pandeglang jika di tahun depan ada 3 ribu pegawai yang pensiun, belum tentu akan kembali merekrut pegawai dengan jumlah sama. Penerimaan pegawai, kata Tjahjo, akan dibuka sesuai kebutuhan apalagi karena pandemi Corona.

“Ada yang kerja kedinasan di rumah dan kantor kemudian sistem tata kelola pemerintahan diatur efektif, mungkin tidak terlalu banyak pegawai,” paparnya.

Politikus PDIP ini menambahkan ada beberapa kementerian dan lembaga di 2021 yang tidak membuka calon pegawai baru. Termasuk di KemenPAN-RB dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) yang tak merekrut karena anggarannya digunakan untuk penanggulangan pandemi COVID-19.

The post Tjahjo Kumolo : 1 Juta Rekrutmen CPNS Dibuka 2021 appeared first on Nawacita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyimpan Vidio Youtube Ke Galeri

Tutorial Cara Download Video Yang Hanya Bisa Streaming

Kojima Natsuki 1st Photobook SOCO SOCO Full Scans PB