Laut China Selatan Di Ambang Perang Kawasan dan Amerika

Jakarta, NAWACITAPOST- Bertenggernya Kapal Induk Tiongkok dan Amarika Serikat di Laut China Selatan (LCS)   bukan hanya sekedar pamer kekuatan  militer kedua negara,  itu sudah menjadi babak baru terjadinya gesekan yang menimbulkan perang. Melimpahnya Kekayaan alam Sumber Daya Alam di kawasan LCS  bisa menjadi rebutan, padahal di kawasan itu ada yang punya kedaulatan negara dan dijamin oleh hukum laut internasional; Indonesia, Malaysia dan Filipina, Taiwan, Vietnam dan Brunei Darusalam. Pembiaran dan diamnya negara  yang berdaulat ini tak boleh terjadi, harus ada upaya sungguh-sungguh dan nyata dalam melakukan hak berdaulat penuh itu. Tindakan Beijing dan Washington menancapkan kekuatan militer dengan jumlah dari kenormalan di LCS,  patut diwaspadai secara ekstraordinary,   terlepas hal itu sengaja dan tidak sengaja dilakukan, atau juga merasa paling besar diantgara negara-negara di kawasan LCS, harus dihadapi Indonesia bersama ASEAN dengan melakukan pengusiran, melalui jalur diplomatik,  maupun milter.

Baca Juga : Indonesia Siap Perang di Laut China Selatan

Walaupun Beijing dan Washington sadar Indonesia merupakan negara yang memiliki posisi sangat strategis di LCS atau di perairan Natuna Utara. Selain itu, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekuatan sumber daya alam (SDA) yang dibutuhkan Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok, itu hanya taktik dan strategi saja.

Sementara itu, Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla), Laksamana Madya TNI Aan Kurnia menegaskan Indonesia akan mengalami dampak langsung jika perang pecah di Laut China Selatan. Hal tersebut terungkap dalam diskusi virtual yang digelar DPP GMNI bertajuk Bung Karno dan Geopolitik Asia Pasifik: Menakar Dinamika Laut China Selatan, Jumat (26/6).

Sementara itu Pengamat Politik Internasional yang juga Dekan Fisipol Universitas Kristen Indonesia (UKI), Dr. Angel Damayanti yang dihubungi Nawacitapost, Sabtu (27/6/2020) melalui sambungan telepon,  Indonesia harus memainkan peran lebih  sebagai negara pendamai antara Tiongkok dan Washington di LCS, bahkan apa yang dilakukan Bu Retno (Menteri Luar Negeri RI)  yang melakukan protes keras kepada kedua negara untuk segera keluar dari kawasan LCS sudah tepat.

The post Laut China Selatan Di Ambang Perang Kawasan dan Amerika appeared first on Nawacita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyimpan Vidio Youtube Ke Galeri

Tutorial Cara Download Video Yang Hanya Bisa Streaming

Kojima Natsuki 1st Photobook SOCO SOCO Full Scans PB