6 Cara Membuat Website SEO Friendly Dengan Cepat


Website dengan desain yang cantik masih belum cukup untuk mencapai GOAL dari dibuatnya Website itu sendiri, Karena seperti yang kita tahu bahwa website dibuat hanya untuk tujuan mencetak Sales atau pengunjung sebanyak banyaknya.

Cara Membuat SEO di Blogspot

Untuk itu selain desain yang baik kita juga perlu memperhatikan faktor lain yaitu faktor Optimasi dari sebuah website agar dapat dirayapi dengan baik oleh mesin pencari.

Nah berikut Tips pokok yang perlu diperhatikan dalam penilisan sumber kode dalam penggarapan website.

1.Tag HTML
Ketepatan menggunakan tag pada HTML sedikit banyak membatu mesin pencari untuk menyesuaikan dengan Keyword yang diketikkan oleh User pada mesin pencari. Misal pada TAG Heading, Untuk sebuah Judul utama pada konten website hendaknya menggunakan TAG H1 (Heading 1) karena TAG Heding 1 akan memberikan signal pada Perayap dari mesin pencari bahwa apapun yang terbungkus pada TAG H1 merupakan sebuah Judul atau Tema besar dari subuah konten website.
  • Yang kedua adalah atribut ALT pada TAG IMG (Gambar), saat kita menyisipkan sebuah gambar yang hendak ditampilkan di website sebaiknya tidak mengabaikan atribut ALT yang sesuai dengan judul konten karena atribut ini menjadi pengganti gambar yang sedang dimuat oleh browser.
  • Setidaknya perayapan mesin pencari akan lebih mudah mengenali gambar yang sedang dimuat oleh browser karena untuk memuat gambar asli akan cenderung lebih lama jika dibandingkan dengan hanya memuat sebuah text dari atribut ALT ini. sedangkan mesin pencari lebih suka pada website yang dapat dirayapi dengan cepat.
  • Ketiga adalah Relevansi nama gambar dengan Judul Konten. hal ini sering diabaikan oleh kebanyakan orang. padahal nama gambar yang relevan dengan judul dan attribut ALT pada tag IMG akan memperjelas bahwa konten inilah yang sedang dicari oleh user dan sesuai dengan keyword yang diketik oleh user. contoh pemberian nama yang baik adalah nama yang relevan dengan judul dan attribut ALT pada gambar itu sendiri.
  • Terakhir adalah TAG TITLE. TAG Tite yang baik untuk Optimasi website juga berisi text yang relevan dengan judul. 
2.Url (Uniform Resource Locator)
URL meupakan faktor yang paling memberikan sumbangsih besar pada penentuan SEO di website. Programer sebisa mungkin harusnya  dapat me-rewrite URL agar terlihat rapi dan dapat mendukung untuk optimasi website. berikut contoh URL yang disarankan oleh mesin pencari khususnya Google :

Contoh URL yang baik :

  • Pada intinya URL yang baik adalah URL yang dapat dipahami dengan mudah baik oleh User ataupun oleh mesin pencari.  
3.Internal Link
Di sela-sela konten website juga penting kita menyisipkan Link yang menuju pada konten lain yang berhubungan dengan konten website yang kita buat. ini mirip sekali seperti Hastag.
   
4.Tag Meta
Secara sederhana TAG Meta ini dapat diartikan sebagai pemberi informasi metadata pada mesin pencari, selanjutnya mesin pencari akan memanfaatkan informasi-informasi dari TAG Meta ini untuk menyesuaikan dengan keyword yang diketikkan oleh user.
  • Jika sobat ingin mengetahui lebih dalam silahkan menuju link resmi Google di
https://support.google.com/webmasters/answer/79812?hl=en
   
5.Robot TXT
Fungsi dari Robot.TXT akan memberi tahu perayap mesin pencari untuk menentukan halaman atau file yang dapat atau tidak dapat diminta oleh Perayap dari situs Anda. Sobat dapat mempelajari  lebih lanjut disini :

6.Sitemap
Sitemap atau kita sebut dengan Peta Situs akan mengelompokkan link-link dalam website kita secara terorganisi sehingga dapat membantu mesin telusur untuk menjelajah halaman-halaman pada website kita. Tugas Sitemap secara sederhana dapat kita analogikan seperti Daftar Isi dari sebuah Buku.
  • File Sitemap pada umumnya menggunakan ekstensi .XML Sobat dapat mempelajari tentang Sitemap di
https://support.google.com/webmasters/answer/183668?hl=id

Semoga membantu dan bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyimpan Vidio Youtube Ke Galeri

Tutorial Cara Download Video Yang Hanya Bisa Streaming

Kojima Natsuki 1st Photobook SOCO SOCO Full Scans PB