Indahnya Kebersamaan Dari Adanya Perbedaan Dalam Menjalankan Sebuah Kerukunan


Sebagai salah satu seorang muslim yang beriman dan bertaqwa tentunya menjaga kehormatan dan kemulyaan orang lain adalah salah satu bagian penting dalam menjalankan nilai keislamannya tersebut, jangan sampai terhasut dengan perkara yang justru akan menjauhkan dari nilai ukhwah islamiyyah.

Jauhi Perbedaan Pererat Persaudaraan Yang Memupuk Tali Ukhwah Islamiyyah
Indahnya Kebersamaan Dari Adanya Perbedaan Dalam Menjalankan Sebuah Kerukunan
Karena salah satu kelemahan yang ada dan terjadi di umat islam adalah kurang begitu harmonisnya sinkronisasi yang terjadi antara umat muslim tersebut. Dimana nilai sebuah hubungan persaudaraan tersebut jauh lebih penting di banding dengan kepentingan pribadi atau golngan semata.

Termasuk salah satu di antaranya tidak ada saling menghargai, menghormati juga dengan semua yag telah di lakukan dan di berikan kepada orang banyak. Karena itu merupakan wujud dari pada salah satu kekuatan penting dalam menjalin dan memelihara kerukunan yang selama ini masih terasa begitu kurang.

Jangan sampai sesuatu yang bersifat lebih individual itu mengalahkan hal yang bersifat global, Karena sesunguhnya berangkat dari hal tersebut pula munculnya sekte pemikiran baru untuk tidak berinteraksi dan bersama lagi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Apalagi perbuatan atau perkataan tersebut bisa menjerumuskan ke sesuatu yang lebih fatal lagi, meskipun itu cuman guyonan atau candaan, namun demi menjaga nilai keutuhan keimanan dan keislaman sesunguhnya hal-hal yang kurang bermanfaat seharusnya mampu di jauhi bahkan di hilangkan.

Sebagai salah satu contoh di antara umat islam itu ada yang saling menghina satu sama lian,

haram.

والاستهزاء اي السخرية بالمسلم وهذا محرم مهما كان مؤذيا كما قال تعالى ياأيها الذين آمنوا لايسخرقوم من قوم عسى ان يكونوا خيرامنهم

وكل كلام مؤذله اي للمسلم كإفشاء السر

شرح سلم التوفيق 69

Dan termasuk dosanya mulut, menghina/ mengolok ngolok muslim, dan itu diharamkan, ketika manyakitkan dan melukai seorang muslim. Karena Alloh berfirman : wahai orang orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok ngolok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok olok) lebih baik dari mereka (yang mengolo ngolok) juga diharamkan setiap perkataan yang menyakiti seorang muslim. Syarah sullam taufiq 69

2.Aslim Tas’ad Sie Pengajian
Dlm salah satu kitab karangan syeh izzuddin a’bdussalam 1/96 di sebutkn:

Siapakh diantara 2orang yg mndpt pahala?Kyai musonnef brkt: apabila keduanya mmpunyai niat mncari kebenaran dr berdebatny mk keduanya mndptkn pahala. Apabila keduany hanya ingin mncari menang dan meremehkn,walaupun kebenaran ada pd slh satunya maka keduanya mndptkn dosa. Dan apabila yg satu brniat mncarikebenaran dan yg lain hany ingin memusuhi/meremehkn mk yg mndpt pahala adl yg brniat mncari kebenarandan yg lain mendpt dosa.

Oleh karena itu mk kita yg mengaku ahlussunnah jaganlah saling menghina atau meremehkn pd saudara sendiri, karna pndpt kt belum tentu benar mungkin saja pndpt yg lain yg benar dan pendpt yg lain mungkin saja salahtp pndpt kita
yg benar.

Sesuai dg apa yg di katakn oleh iman safi’ rodiyallohu a’nhu:

haram mutlak, menjadi murtad dan kafir seketika waktu bercanda dengan hal-hal yang menyebabkan kemurtadannya, dan dia WAJIB bersyahadat kembali seketika. Karena ini termasuk kategori mempermainkan agama dan tipu daya syetan yang keji, bayangkan saja pas dia berbuat murtad beneran dia mati. Seandainya sudah menikah maka jatuh talak istrinya dengan sebab kemurtad-annya.

[مجموعة من المؤلفين، الموسوعة الفقهية الكويتية، 292/42]
أ – هَزْل الْمُسْلِمِ بِمَا يُوجِبُ كُفْرًا:
43 – إِنْ هَزَل الْمُسْلِمُ بِمَا يُوجِبُ كُفْرًا، كَأَنْ سَبَّ اللَّهَ تَعَالَى، أَوْ مَلاَئِكَتَهُ، أَوْ كُتُبَهُ، أَوْ رُسُلَهُ صَلَوَاتُ اللَّهِ وَسَلاَمُهُ عَلَيْهِمْ، أَوْ أَنْكَرَ ذَلِكَ، أَوْ أَنْكَرَ الْيَوْمَ الآْخِرَ، أَوِ الْجَنَّةَ أَوِ النَّارَ، أَوْ أَنْكَرَ أَمْرًا عُلِمَ مِنَ الدِّينِ بِالضَّرُورَةِ، فَقَدِ اتَّفَقَ الْفُقَهَاءُ عَلَى أَنَّهُ يَكْفُرُ بِذَلِكَ، وَيَكُونُ مُرْتَدًّا عَنِ الإِْسْلاَمِ، غَيْرَ أَنَّ لَهُمْ تَفْصِيلاَتٍ نُوَضِّحُهَا فِيمَا يَلِي:
نَصَّ الْحَنَفِيَّةُ عَلَى أَنَّ الْهَزْل فِي الرِّدَّةِ كُفْرٌ، كَقَوْلِهِ لِلصَّنَمِ إِلَهٌ – هَزْلاً – وَإِنْ لَمْ يَعْتَقِدِ الْهَازِل مَا هَزَل بِهِ، أَيْ أَنَّهُ قَدْ كَفَرَ بِعَيْنِ تَلَفُّظِهِ بِكَلِمَةِ الْكُفْرِ هَزْلاً؛ لأَِنَّ الْهَازِل نَطَقَ بِذَلِكَ عَنْ رِضًا وَاخْتِيَارٍ فَتَعَيَّنَ فِي حَقِّهِ الْهَزْل جِدًّا، وَلِكَوْنِ الْهَزْل بِذَلِكَ اسْتِخْفَافًا بِالدِّينِ الْحَقِّ،
وَالاِسْتِخْفَافُ بِالدِّينِ الْحَقِّ كُفْرٌ (1) ، وَقَدِ اسْتَدَلُّوا عَلَى ذَلِكَ بِالْكِتَابِ وَبِالْقِيَاسِ: أَمَّا الْكِتَابُ فَبِقَوْلِهِ تَعَالَى: {يَحْذَرُ الْمُنَافِقُونَ أَنْ تُنَزَّل عَلَيْهِمْ سُورَةٌ تُنَبِّئُهُمْ بِمَا فِي قُلُوبِهِمْ قُل اسْتَهْزِئُوا إِنَّ اللَّهَ مُخْرِجٌ مَا تَحْذَرُونَ} (64) {وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ لَيَقُولُنَّ إِنَّمَا كُنَّا نَخُوضُ وَنَلْعَبُ قُل أَبِاللَّهِ وَآيَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنْتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ} (65) {لاَ تَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُمْ بَعْدَ إِيمَانِكُمْ إِنْ نَعْفُ عَنْ طَائِفَةٍ مِنْكُمْ نُعَذِّبْ طَائِفَةً بِأَنَّهُمْ كَانُوا مُجْرِمِينَ (2) } .
قَال الْجَصَّاصُ: فِيهِ الدَّلاَلَةُ عَلَى أَنَّ اللاَّعِبَ وَالْجَادَّ سَوَاءٌ فِي إِظْهَارِ كَلِمَةِ الْكُفْرِ، عَلَى غَيْرِ وَجْهِ الإِْكْرَاهِ؛ لأَِنَّ هَؤُلاَءِ الْمُنَافِقِينَ ذَكَرُوا أَنَّهُمْ قَالُوا مَا قَالُوهُ لَعِبًا، فَأَخْبَرَ اللَّهُ عَنْ كُفْرِهِمْ بِاللَّعِبِ (3) . وَأَمَّا الْقِيَاسُ، فَقَدْ قَالُوا: إِنَّ كُفْرَ الْهَازِل بِذَلِكَ كَكُفْرِ الْعِنَادِ، أَيْ كَكُفْرِ مَنْ صَدَّقَ بِقَلْبِهِ، وَامْتَنَعَ عَنِ الإِْقْرَارِ بِالشَّهَادَتَيْنِ، عِنَادًا وَمُخَالَفَةً، فَإِنَّهُ أَمَارَةُ عَدَمِ التَّصْدِيقِ (4) .
وَنَصَّ الْمَالِكِيَّةُ: عَلَى أَنَّ كُفْرَ الْمُسْلِمِ يَكُونُ بِصَرِيحٍ – كَقَوْلِهِ: الْعُزَيْرُ ابْنُ اللَّهِ – أَوْ لَفْظٍ يَقْتَضِي الْكُفْرَ، كَأَنْ يَجْحَدَ مَا عُلِمَ مِنَ الدِّينِ بِالضَّرُورَةِ، أَوْ فِعْلٍ يَتَضَمَّنُ الْكُفْرَ وَيَقْتَضِيهِ كَإِلْقَاءِ مُصْحَفٍ بِقَذِرٍ، أَوْ حَرْقِهِ اسْتِخْفَافًا، وَشَدِّ زُنَّارٍ فِي وَسَطِهِ بِأَنْ فَعَل ذَلِكَ مَحَبَّةً فِي ذَلِكَ الزِّيِّ وَمَيْلاً لأَِهْلِهِ، وَأَمَّا إِنْ فَعَلَهُ هَزْلاً وَلَعِبًا فَهُوَ مُحَرَّمٌ إِلاَّ أَنَّهُ لاَ يَنْتَهِي إِلَى الْكُفْرِ (1) .
وَنَصَّ الشَّافِعِيَّةُ وَالْحَنَابِلَةُ: عَلَى أَنَّ الرِّدَّةَ هِيَ قَطْعُ الإِْسْلاَمِ، وَدَوَامُهُ بِنِيَّةِ كُفْرٍ، أَوْ قَطْعُ الإِْسْلاَمِ بِسَبَبِ قَوْل كُفْرٍ، أَوْ فِعْل مُكَفِّرٍ، وَسَوَاءٌ قَالَهُ اسْتِهْزَاءً، أَوْ عِنَادًا أَوِ اعْتِقَادًا (2) لِقَوْلِهِ تَعَالَى: {قُل أَبِاللَّهِ وَآيَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنْتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ} (65) {لاَ تَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُمْ بَعْدَ إِيمَانِكُمْ (3) }

البحر الرائق
وفي الجامع الأصغر، إذا أطلق الرجل كلمة الكفر عمدا لكنه لم يعتقد الكفر قال بعض أصحابنا: لا يكفر لأن الكفر يتعلق بالضمير ولم يعقد الضمير على الكفر. وقال بعضهم: يكفر وهو الصحيح عندي لأنه استخف بدينه اه‍.
الى أن قال
والحاصل أن من تكلم بكلمة الكفر هازلا أو لاعبا كفر عند الكل ولا اعتبار باعتقاده كما صرح به قاضيخان في فتاواه،

فتح الباري شرح صحيح البخاري
وفيه أن من المسلمين من يخرج من الدين من غير أن يقصد الخروج منه ومن غير أن يختار دينا على دين الإسلام ،

منهاج الطالبين ٢٩٣
كتاب الردة
هي قطع الإسلام بنية أو قول كفر أو فعل سواء قاله استهزاء أو عنادا أو اعتقادا

Kitab menerangkan murtad (keluar dari agama)
Murtad adalah terputusnya keislaman dengan niat atau dengan ucapan kekufuran atau dengan perbuatan, sama saja dia mengatakan itu sebagai olok-olokan atau kedurhakaan (penentangan, kengeyelan ) atau sebagai i’tiqod.
Nah bercanda ini termasuk ke dalam mengolok-ngolok, karena bukan tempatnya untuk dicandakan. Wallohu a’lam

Maka dari itu jagalah lisan dan perbuatan dari hal-hal yang bisa melukai orang lain aalagi sampai keluar dari pada keislamannya itu, Naudzubillah Min Dzalika.

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyimpan Vidio Youtube Ke Galeri

Tutorial Cara Download Video Yang Hanya Bisa Streaming

Kojima Natsuki 1st Photobook SOCO SOCO Full Scans PB