Guru Ajari Aku Untuk Berdebat Dengan Aswaja NU


Muslim Internet, Tiba-tiba Merasa Paling Islami.
Muslim internet adalah mereka yang tidak mengikuti jenjang belajar Islam dari dasar. Waktu anak-anak sampai remaja masih sibuk main-main dan hal-hal yang umum lainnya.

Salafi Kalah Debat

Setelah mengenal internet, punya smartphone, mereka mulai tahu media sosial, akhirnya berjumpa postingan-postingan terkait agama. Lalu mereka membaca artikel-artikel “keislaman” yang menjamur di website-website Islam dengan jargon-jargon yang aneh-aneh, jargon-jargon yg tidak pernah dipakai para salaf solihin dalam berdakwah.

Muslim Internet

Setelah kenal agama dari internet, tampilannya mulai berubah melebihi santri yang sudah belajar Islam sejak dini. Lalu bergamis dan berjenggot melebihi ulama. Celana menjadi cingkrang seraya mengira Nabi pakai celana cingkrang seperti mereka. Menuduh yg lain tidak mengikuti sunnah Nabi, padahal mereka baru mengenal Islam internet sebatas penampilan.

Debat Ulama Suni dan Wahabi

Selajutnya, para muslim internet merasa mengetahui tentang Islam dan menganggap atau mengira yang lain belum kenal Islam. Apa yang ditemukan di internet langsung jadi pemahaman paten dirinya dan menyalahkan pemahaman orang lain.

Muslim internet merasa paling islami
Berlagaklah para muslim internet bagaikan seorang ustadz yang seolah mengerti berbagai disiplin ilmu agama. Mulai lah mereka posting-posting hadits dengan anggapan “ini shahih harus diikuti, semua amalan tertolak kecuali yang pernah dicontohkan Nabi”.

Akhirnya juga para muslim internet mulai mengkoreksi amaliyah-amaliyah yang sudah berlaku di tengah umat islam seperti tahlilan, maulidan, tawassul, dan lain sebagainya. Lalu semua amaliyah itu dibid’ah sesatkan sambil mengkhayalkan bahwa diri mereka pengikut sunnah Nabi Saw.

Debat Wahabi dan Ahlus Sunnah

Para muslim internet berkata: “Aku pengikut sunnah”, “tegar di atas sunnah”, “aku pengikut salaf”, padahal mereka baru kenal agama. Itu pun kenal agama Islam dari internet.

Karena belum pernah belajar islam dari dasar, para muslim internet tidak akan tahu apakah agama yang dipelajarinya itu ajaran sesat atau bukan. Mereka tidak akan merasa tertipu oleh wahabi dan jargon “kembali kepada Al-Qur’an dan Assunnah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyimpan Vidio Youtube Ke Galeri

Tutorial Cara Download Video Yang Hanya Bisa Streaming

Kojima Natsuki 1st Photobook SOCO SOCO Full Scans PB