Veteran TNI-Polri Dorong RUU PIP Jadi Undang-Undang

Jakarta, NAWACITAPOST-Tampilnya Mantan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI-kala itu) dan Wakil Presiden RI ke 6, Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, bersama veteran dan purnawirawan  TNI-Polri menyampaikan dukungan terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) menjadi Pembinaaan Ideologi Pancasila (PIP) dengan tujuan  menguatkan ideologi dasar negara yang telah diletakkan para founding fathers sejak republik ini berdiri, patut kita apresiasi.

Baca Juga : MPR dan DPR RI Usul Jabatan Presiden Tіgа Pеrіоdе, Jokowi Pimpin Indonesia Hingga 2027

Dukungan Try dan para veteran senior ini menyebut 4 poin penting yang disampaikan di hadapan Pimpinan MPR , yaitu  Pertama, pembinaan ideologi Pancasila harus diperkuat karena sejak era Reformasi wacana pembinaan ideologi Pancasila berangsur ditinggalkan dan ditanggalkan. Padahal Pancasila menjadi identitas Indonesia. Menurutnya, pelajaran Pancasila wajib menjadi kurikulum inti mulai dari TK sampai SMA. Sehingga penghayatan dan pengamalannya menjadi pedoman dalam berbangsa dan bernegara. “Kedua,ideologi yang bertentangan dengan Pancasila harus disikapi serius. Hal ini untuk mencegah runtuhnya nilai-nilai luhur bangsa seperti Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Musyawarah, Keadilan Sosial dan yang paling penting adalah Gotong Royong.
Ketiga, penguatan pancasila yang mengakar kuat dalam diri bangsa dapat mencegah dampak globalisasi yang masif. Kami melihat Pancasila harus hadir terus menerus di tengah era semakin canggihnya teknologi informasi dengan tendensi dominasi negara maju atas bangsa kita. Keempat, untuk menghadapi tantangan atas eksistensi Pancasila, diperlukan lembaga khusus yang memiliki kewenangan dan tanggung jawab untuk melakukan pembinaan ideologi bangsa tersebut. Atas dasar pemikiran tersebut, kami mendukung penguatan Badan Ideologi Pancasila yang diatur dalam payung hukum yang lebih tinggi seperti undang-undang bukan hanya Perpres.

Dukungan serupa juga datang dari ulama dan lembaga NU yang diganti dengan RUU Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Jadi, aneh terhadap mereka yang menolak RUU terdahulu, begitu getol dan semangatnya kelompok ini menolak dengan disertai ancaman  menyeret-nyeret PKI muncul kembali, lalu membakar satu bendera partai pemang pertama pemilihan legislatif. Bisa ditebak arah penolakannya hanya disertai emosi membabi buta saja. Contohlah veteran dan NU yang bisa diajak diskusi tentang RUU ini.

 

The post Veteran TNI-Polri Dorong RUU PIP Jadi Undang-Undang appeared first on Nawacita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyimpan Vidio Youtube Ke Galeri

Tutorial Cara Download Video Yang Hanya Bisa Streaming

Kojima Natsuki 1st Photobook SOCO SOCO Full Scans PB