Bersih Desa Karangsono, Penuh Bersahaja dan Kesederhanaan

Blitar,  NAWACITAPOST- Desa Karangsono Kecamatan Kanigoro mengadakan Doa bersama dan Tasyukuran dalam rangka Bersih Desa, pada Jumat malam 3/7/2020 bertempat di Balai Desa Karangsono.

Bersih desa merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat di Jawa khususnya.Ritual bersih desa telah dilakukan berabad-abad lamanya. Ritual bersih desa di Jawa merupakan wujud bersatunya manusia dengan alam.

Ritual Bersih Desa dapat didefinisikan sebagai wujud rasa syukur warga sebuah desa atas berkat yang diberikan Tuhan kepada masyarakat desa, baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama setahun dan juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa untuk satu tahun mendatang.

Baca Juga : Presiden Jokowi berencana Kembangkan 10 Kawasan Metropolitan di Indonesia

Ritual Bersih Desa sendiri biasanya dilaksanakan satu kali dalam setahun setelah musim panen tiba dan tradisi ini telah dilakukan secara turun-temurun dari zaman nenek moyang. Hari pelaksanaanya pun tidak sembarangan ditentukan, melainkan ada hari-hari tertentu di dalam kalender Jawa yang merupakan hari sakral untuk melaksanakan Ritual Bersih Desa.

Saat diwawancarai awak media Kepala Desa Karangsono Tugas Nangolo Yudo Prasetyo ( Bagas ) mengatakan “ hari ini kita ingin mengembalikan budaya desa, kita adakan bersih desa mungkin karena saat masih ada pandemi covid -19, tidak semeriah seperti tahun lalu tapi sederhana.Kita mulai melestarikan budaya, kolaborasikan budaya lokal Jawa dan budaya Islam”.

“Kita bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan atas perjuangan para pendiri Desa, pendiri bangsa semuanya, pihak-pihak yang telah mengorbankan semuanya demi berdirinya desa dan bangsa inilah. Kami ucapkan terima kasih dan kita doakan mudah-mudahan dilapangkan kuburnya diampuni segala dosanya dan ditempatkan di surga nya,” tambah Bagas.

Baca Juga : Jokowi Marah Besar Terkait Penyerapan Anggaran yang Rendah

Bagas berharap dengan diadakannya bersih desa itu ingin mengembalikan menset masyarakat apalagi anak muda yang sudah ke barat-baratan, kembali ke budaya lokal budaya Jawa lebih santun, menghormati kepada yang tua, menghormati pada pejuang dan mau turut mendoakan para leluhur. kita tetap ingin dalam rangka bersih desa kali ini Desa Karangsono menjadi desa yang Bersih, Sejahtera dan Makmur,”pungkasnya.(fm)

The post Bersih Desa Karangsono, Penuh Bersahaja dan Kesederhanaan appeared first on Nawacita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyimpan Vidio Youtube Ke Galeri

Kojima Natsuki 1st Photobook SOCO SOCO Full Scans PB

Indonesia Membeli 100 Juta Vaksin dari AstraZeneca Inggris